6.29.2009

Sudahkah Anda Menyisihkan Waktu untuk Sendiri?

Mungkin istilah “me-time” sudah bukan lagi hal baru untuk Anda. Bahwa setiap wanita memerlukan waktu untuk dirinya sendiri. Ada beberapa orang yang sering merasa emosi (negatif), murung, dan gampang tersinggung ketika mereka terlalu banyak tekanan. Sehingga, amat penting untuk seseorang mengambil waktu untuk menyendiri dan menikmati waktu untuk bersama dirinya sendiri.

Waktu untuk menyendiri bisa berbeda-beda. Ada yang menikmati waktu sendirinya dengan berbelanja pakaian untuk dirinya sendiri. Ada yang menikmati waktu sendirinya dengan menulis buku harian, ada yang dengan berolahraga, atau dengan merawat tubuh di spa. Apa pun kegiatan Anda untuk menyendiri, pastikan itu adalah hal yang membuat Anda senang dan membuat Anda kembali berenergi.

Menyendiri tidak berarti bahwa Anda harus menjauhkan diri dari kehidupan sosial. Hal ini dalam artian, Anda sebaiknya bisa menyisihkan waktu, bukan menyisakan waktu untuk menemukan inti diri Anda dari segala rutinitas dan kesibukan. Menghabiskan waktu untuk diri sendiri akan amat bermanfaat bagi kesehatan mental dan kebahagiaan diri. Ini alasannya:

Penemuan diri. Menghabiskan waktu untuk diri sendiri memberikan Anda kesempatan untuk menemukan hal-hal tentang diri Anda sendiri yang sebelumnya belum Anda ketahui. Selama kita bertumbuh dan menjalani hidup, kita belajar bagaimana mengenali pribadi orang lain, namun jarang untuk berkenalan mendalam dengan diri kita sendiri, kesukaan kita, apa yang tak kita suka, tanpa adanya kehadiran orang lain.

Rasa berdikari dan meningkatkan kepercayaan diri. Menyendiri dan nyaman untuk menghabiskan waktu sendiri memberikan Anda kemudahan untuk lebih merasa nyaman dengan kemandirian. Melatih diri untuk mengambil keputusan, dan meningkatkan kepercayaan diri, yang kemudian membantu Anda meresapi berbagai aspek dalam hidup, termasuk ketika Anda sedang bersama orang lain.

Tak perlu berkompromi. Sering, kita harus berkompromi, harus mengikuti apa kemauan orang lain juga ketika sedang bersama orang lain. Kita biasanya harus mengikuti kemauan orang lain, seperti saat memutuskan tempat makan, apa yang akan ditonton, atau baju apa yang akan dibeli. Menghabiskan waktu sendiri memberikan Anda kemampuan untuk memanjakan diri dengan hal-hal yang Anda inginkan dan cintai, tanpa perlu banyak negosiasi.

Meremajakan jiwa. Melepaskan diri dari orang-orang lain memberikan kesempatan untuk Anda beristirahat dari banyaknya hal-hal yang mesti dikerjakan, dan membuat Anda mampu melakukan apa yang ingin Anda kerjakan. Anda tidak lagi perlu memikirkan kepentingan orang-orang lain.

Perspektif yang lebih segar. Waktu untuk menyendiri memberikan kesempatan untuk membersihkan pikiran dan menyortir pikiran-pikiran Anda, sekaligus memberikan otak Anda untuk memikirkan hal lain. Ini memberikan Anda kemerdekaan untuk berpikir untuk diri sendiri, tidak lagi didikte dan dipengaruhi pendapat orang lain. Anda juga bisa merefleksikan tentang apa yang penting dalam hidup Anda dan apa yang Anda rasakan tentang situasi sehari-hari yang mesti dibereskan.

Apresiasi lebih tinggi terhadap orang yang Anda cintai. Menyendiri bisa memberikan Anda kesempatan untuk lebih menghargai waktu yang Anda lewati bersama orang lain. Setelah Anda menghabiskan waktu untuk diri sendiri, Anda akan merasakan adanya keseimbangan antara diri sendiri dan orang lain.

Bila Anda sulit menemukan waktu untuk menyendiri, cobalah untuk mulai dengan dosis kecil. Bahkan jika itu hanya 5 menit. Dari waktu ke waktu, cobalah untuk menambahkan waktu yang Anda habiskan untuk diri sendiri. Misalnya, dengan pergi belanja pakaian sendiri di sore hari. Atau pergi ke tempat spa sendiri. Atau mungkin dengan melakukan meditasi yoga sendiri. Atau untuk dosis kecilnya, percepat menyelesaikan tugas-tugas, pulang, dan menonton DVD sendiri. Cintai diri sendiri dengan mulai menyisihkan waktu untuk Anda sendiri.

Sumber : www.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

n3W c0mEnt

Entri Populer

>> Where Are You Come From

Google+ Followers

Created Copy Faste by : ||DMC|| ©_2009

;