10.25.2009

Browsing dan Facebook Cepat : Opera 10 Turbo

Pertarungan browser kini semakin memanas saja. Setelah baru-baru ini Mozilla meluncurkan Firefox Namoroka walaupun masih versi alpha. Kini developers opera meluncurkan versi final 10 yang dilengkap dengan Turbo. Menurut mereka terdapat 3 hal baru yang harus di coba dalam versi 10 ini diantaranya :

Opera 10 Turbo

Opera 10 Turbo

  1. Opera Turbo, teknologi kompresi baru yang memecahkan rasa jengkel dari koneksi yang lambat.Apakah anda adalah on-the-go traveler bisnis, Anda mengandalkan kartu 3G netbook Anda, atau Anda menemukan diri Anda terjebak pada melempem koneksi Wi-Fi, Opera Turbo memberikan dorongan browsing besar.

    Jika koneksi anda lambat, memungkinkan Turbo Opera untuk menelusuri Web pada kecepatan broadband. Opera Turbo akan secara otomatis mendeteksi ketika kecepatan jaringan akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan. Sekali anda menset on, Opera Turbo kompres langsung halaman, jadi sedikit data perlu ditransfer melalui koneksi yang terbatas.

    Opera Turbo mengambil tes hari ini. Dalam percobaan laboratorium kami, Opera Turbo memberikan hingga delapan kali lebih cepat web surfing selama koneksi yang lambat dibanding browser lainnya.

  2. Sebuah bentuk yang ramping dan indah antarmuka. Anda tidak pernah melihat sebuah browser Opera yang terlihat seperti ini. Untuk 10 Opera browser kami berikan streamline dan elegan antarmuka baru. Kelas dunia Opera melengkapi desain kelas dunia fitur yang membantu Anda mendapatkan lebih banyak keluar dari browsing Web Anda.
  3. Tab lebih baik, dari pelopor asli Opera terus merintis cara baru untuk menggunakan tab. Dalam Opera 10, mengubah ukuran tab bar dengan menariknya ke atas atau mengklik dua kali menangani, memperlihatkan kejutan: Opera sekarang menunjukkan Anda penuh thumbnail dari semua tab yang terbuka.

Bagaimana cara kerja Opera Turbo :

Menurut mereka, jika fitur turbo diaktifkan maka saat kita melakukan browsing terhadap suatu website sebenarnya website tersebut akan melalui sebuah server seperti proxy dari opera yang berfungsi untuk mengkompresi data berupa gambar atau css ataupun javascript. Kemudian barulah data yang telah terkompres terkirim ke komputer anda sehingga akses anda akan terasa semakin lebih ringan dan cepat.

Opera 10 Turbo Server

Opera 10 Turbo Server

Dari pengalaman saya, beberapa jam yang lalu saya coba download opera 10 turbo, kemudian melakukan browsing ke berbagai website. Memang hasilnya sangat jauh berbeda dengan opera sebelumnya. Browsing cepat sekali. :D tapi belum saya coba untuk mendownload menggunakan browser opera apakah bisa lebih mempercepat download jika dibandingkan menggunakan internet download manager 5.18

Kemudian saya mencoba membuka facebook. Wow hasilnya sangat memuaskan. Jika sebelumnya saya menggunakan firefox untuk browsing facebook ada beberapa masalah diantaranya

  1. Setelah memasukkan email dan password di halaman login, kemudian facebook akan masuk ke halaman home. Nah terkadang disaat ini firefox sempat hang sebentar.
  2. Kemudian jika kita membuka halaman web atau browsing lain ditab baru, kemudian ada teman yang mengirimkan pesan chat. Firefox juga akan mengalami hang (ngadat sebentar), kira-kira 5 detik lah. setelah itu baru normal kembali.

Menurut beberapa referensi yang saya baca ini dikarenakan adanya javascript dan jquery di facebook yang agak berat di load di Firefox. Dan ketika saya menggunakan opera 10 turbo, ke dua masalah tersebut sepertinya tidak atau belum saya temui. :P selamat berfacebook ria dan be carefull dari ancaman hacking facebook .

Untuk mengetahui dan mempelajari tentang opera silahkan baca-baca beberapa tips opera dari opera.com

Apakah anda sudah mencoba Opera 10 Turbo?

Jika sudah, bagaimana pendapat anda? :)

Thank's : http://www.bambangoke.com/

0 komentar:

Posting Komentar

n3W c0mEnt

Entri Populer

>> Where Are You Come From

Google+ Followers

Created Copy Faste by : ||DMC|| ©_2009

;