11.30.2009

Memblokir konten internet untuk anak-anak (dengan Firefox dan ProCon Latte)

Kakak saya memiliki 2 orang anak yang masih kecil masing-masing berusia 12 dan 8 tahun. Di rumahnya ia memasang koneksi internet dengan kuota unlimited. Kadangkala karena tuntutan sekolah anaknya (yg berusia 12 tahun) harus membuka internet untuk menyelesaikan tugas dari sekolahnya.

Jaman sekarang ini cari informasi di internet semakin mudah. Tinggal tanya Om Google atau Tante Wikipedia hampir semua informasi bisa didapatkan. Sayangnya ke-dua “orang” yang saya sebut terakhir ini adalah “mesin”, jadi mereka ga tau siapa yang bertanya.

Kadang-kadang malah iklan dan situs dewasa yang disodorkan. Sebagai anak yang kebanyakan memiliki rasa ingin tahu yang besar bisa saja terjebak untuk membuka link tersebut. Ada kemungkinan mereka pernah menemukan situs ini baik disengaja maupun tidak disengaja.

Beberapa waktu lalu kakak saya curhat masalah ini kepada saya.
“Apa sebaiknya internet di rumah diputus aja biar anak-anak ga bisa buka situs-situs dewasa?”, keluhnya.

Saya coba menenangkan, “Kalo internetnya diputus, tugas-tugas sekolahnya gimana…? Bagaimana kalo situs dewasanya aja yang diblokir?”.

“Pemerintah aja ngga bisa blokir… Kamu bisa?? kalo bisa ya udah tolong diblokirin.”, kakak saya menanggapi tawaran dengan keraguan …dan seperti sebuah tantangan bagi saya.

Banyaknya informasi di internet membuat sebagian orang tua merasa khawatir terhadap anak-anaknya. Terutama terhadap keberadaan konten porno yang seharusnya hanya boleh dikonsumsi untuk dewasa.

Yang saya lakukan sederhana:

  1. Menyembunyikan / membuang semua browser selain Mozilla Firefox.
  2. Di Firefox install add-on ProCon Latte yang disediakan gratis.
  3. Mengatur konfigurasi ProCon.
    Di Firefox buka menu Tools > Add-ons. Pilih ProCon Latte, klik tombol Options.

    Gbr 1. Klik tombol Options.

    Catatan:
    Harap diingat setiap perubahan setting akan berlaku setelah firefox di-restart.

    General

    Saya mengamankan add-on ini agar tidak dapat dimatikan, dengan mengaktifkan pilihan Prevent from being Disabled or Uninstalled. Amankan program ini dengan sandi agar program tidak bisa dibuka oleh orang lain, melalui tombol Set Password…
    Gbr 2. Tab General
    Gbr 2. Tab General

    Main Filter

    Ini untuk menyaring situs yang diblokir. Bisa dipilih 3 Presets: Secure, Moderate (default) dan Light. Ini akan dijelaskan pada tab Whitelist. Saat ini biarkan pilihan ini pada Moderate.

    Klik pada tombol Edit list…
    Gbr 3. Tab Main Filter
    Gbr 3. Tab Main Filter

    Ada 2 jenis Filter:

    • Blocked Words - ProCon akan memblokir konten jika mengandung kata-kata tertentu. Sudah disediakan beberapa contoh kata saat diinstall. Untuk menambah kata-kata tertentu tinggal ketik dalam daftar, satu keywords per baris.

      Pemeriksaan dilakukan di dalam Judul , Meta Tags …, dan Isi …pada halaman (dapat dipilih lebih dari satu).

    • Blocked Sites - ProCon akan memblokir situs jika alamat URL-nya mengandung kata tertentu. Untuk menambahkan ketik dalam daftar, satu kata per baris.

    Jika telah selesai mengkonfigurasi Filter “Edit List…” klik tombol Apply.

    Whitelist

    Ini adalah daftar situs yang tidak akan diblokir.

    Jika anda ingin firefox hanya boleh digunakan untuk membuka beberapa situs tertentu saja, maka tulis alamat URL-nya di dalam daftar Whitelist (satu alamat per baris) lalu pada tab Main Filter pilih Preset: Secure (Block all traffic except Whitelist elements).

    Gbr4. Tab Whitelist
    Gbr4. Tab Whitelist

    Profanity Filter

    Filter yang akan mencari kata-kata tertentu pada halaman web lalu menggantinya dengan tulisan lainnya misalnya tanda asterisk seperti ***. Halaman situs tidak diblokir tapi hanya kata-kata tertentu yang tidak ditampilkan. Beberapa contoh kata sudah tersedia, tambahkan kata lainnya yang belum ada.
    Gbr 5. Profanity Filter diaktifkan dengan \"Enable Profanity Filter\".
    Gbr 5. Profanity Filter diaktifkan dengan “Enable Profanity Filter”.

Tips!
Sebaiknya simpan segala pengaturan settings yang sudah anda buat. Kasihan kan cape-cape setting kalo harus install ulang gara-gara komputer rusak ;-).
Cara menyimpan konfigurasi Procon Melalui Tab General, klik tombol Settings > Export settings. Beri nama file anda misalnya procon-jan2008.cfg, lalu simpan filenya ke flashdisk atau CD.

Sekarang coba lakukan uji coba dengan membuka beberapa situs dengan material dewasa. Jika setting ProCon telah benar maka situs tersebut akan diblokir seperti tampilan berikut ini:
Gbr 6. Gambar halaman yang di blokir
Gbr 6. Gambar halaman yang di blokir.

Anda sebagai orang tua …yang sudah dewasa :-), masih bisa membuka halaman yang diblokir tersebut dengan klik tombol Options > pilih Continue, namun harus mengisi password terlebih dahulu (jika sebelumnya “Set Password…” telah diisi). Jika password tidak benar maka halaman tidak akan terbuka.

0 komentar:

Posting Komentar

n3W c0mEnt

Entri Populer

>> Where Are You Come From

Google+ Followers

Created Copy Faste by : ||DMC|| ©_2009

;