11.30.2009

Menyimpan suara dari tulisan Bahasa Arab (Arabic Text to Speech)


Beberapa waktu yg lalu, seorang teman terburu-buru minta tolong agar dicarikan program Text-to-Speech (TTS) yang sanggup membaca tulisan Bahasa Arab. Ia ingin merekam suara dari sebuah tulisan bahasa Arab. Saya tanyakan untuk apa? Katanya beberapa hari lagi ia akan berangkat umroh dan ia belum hapal doa umroh yang lumayan panjang. Seandainya ada file audio berisi doa tersebut yang bisa diputar sewaktu-waktu, tentu proses menghafalkan doa bisa jadi lebih cepat.

Bersama dengan pesan emailnya, dilampirkan pula doa panjang dalam bahasa arab…. woow cukup panjang dan memakan banyak halaman dokumen msword.

Waktu adalah emas…, dan saya langsung berburu software tersebut di Internet. Memang ada banyak program semacam ini (Arabic TTS Engine), namun belum ada satupun program yang benar-benar gratis untuk Text-to-Speech yang mampu membaca tulisan Bahasa Arab. Sedangkan permintaan teman saya adalah program yang gratis.

Saya janjikan kepada teman saya, nanti sore akan saya carikan lagi karena saat ini kerjaan di kantor lagi numpuk.

Waktu berlalu, menjelang pulang saya cari lagi di Google…. 1..2..3…4…5… Gotcha!!! Apa yang saya temukan membuat saya kagum…, Ada sebuah situs web gratis yang menyediakan form untuk menulis/mengisi tulisan arab (bisa copas dari msword), lalu klik tombol “Listen” dan website ini akan memberikan kita sebuah file audio (*.wav) berisi ucapan suara dari tulisan arab yang kita masukkan. Ingin mencoba…?, buka website ini:

http://www.sakhr.com/TTS/TTS.asp

Sakhr Arabic TTS Engine
Gbr 1. Sakhr Arabic TTS Engine (klik pada gambar untuk melihat cara menggunaannya)

Di website ini kita bisa memilih salah satu dari empat karakter untuk membacakan tulisan, kita juga dapat menyesuaikan Pitch (tinggi rendah nada) dan Rate (tempo) dari bacaan.

Yess…! Segera saya kabari hal baik ini kepada teman saya. Katanya,”This is Perfect!!“. Beberapa hari kemudian teman saya berangkat ke tanah suci.

“Sampaikan salamku kepada tanah suci Mekkah!”

0 komentar:

Posting Komentar

n3W c0mEnt

Entri Populer

>> Where Are You Come From

Google+ Followers

Created Copy Faste by : ||DMC|| ©_2009

;